Rabu, 31 Maret 2010

SELAYANG PANDANG MDT AL-IKHLAS

Dalam upaya menjawab perkembangan zaman di masa depan, khususnya di wilayah Gunungputri, yang membutuhkan lembaga keagamaan yang terprogram baik, maka Yayasan Al-Ikhlas Citra Utama mendirikan Madrasah Diniyyah Takmiliyyah Al-Ikhlas. Hal ini dikuatkan dengan diterbitkannya surat izin operasional dari Departemen agama pada tanggal 18 juli 2005 dengan nomor SK Kd.10.01/55/PP.008/029/2005 dan nomor piagam pengesahan : D.Mi-10/MDA/076/2005 dengan nomor statistik Madrasah (NSM) : 4123203190008.

Sebagai Kepala Madrasah Diniyyah Takmiliyyah dijabat oleh Bp. Dedy Hariyadi, S.Pd.I dengan jumlah siswa angkatan pertama sebanyak 8 orang (Lulus tahun 2009). Untuk tahun pelajaran 2009/2010, MDT Al-Ikhlas insya Allah akan mengadakan munaqosyah kelulusan santri bagi kelas 4, sebanyak + 14 orang santri.

Santri MDT al - Ikhlas adalah para santri Lulusan dari TKQ/TPQ baik dari Yayasan al-Ikhlas sendiri, maupun TKQ/TPQ lainnya. Adapun materi pelajaran yang diberikan merupakan kurikulum yang diberikan oleh Departemen Agama ditambah dengan materi Muatan Lokal dari Yayasan, yaitu : al-Quran hadits, Fiqih (Teori dan praktik),aqidah akhlak,Sejarah Kebudayaan Islam,Tajwid,Bahasa Arab,bahasa Inggris,Tahfiz juz 30,terjemah lafdziahMurottal, Pembacaan Rawi dan Shalawat dan Tilawah al-Quran. Disamping itu para santri juga diwajibkan mengikuti extra kurikuler sesuai dengan bakatnya yakni : Marawis, Khitobah(Bahasa Inggris,Bahasa Arab,Bahasa Indonesia),kaligrafi.

Dalam upaya mendidik para santri memiliki jiwa kepemimpinan, dibentuk 3 konsulat yang menaungi para santri untuk melatih keterampilan dan keberanian mereka. Ketiga konsulat ini memiliki giliran untuk menjadi sponsor acara Muhadhoroh yang diadakan setiap bulan sekali. Pada acara Muhadhoroh ini, para santri mempertunjukkan kemampuan dan keberanian mereka dihadapan rekan-rekannya dengan berpidato(bahasa Arab,Inggris, dan Indonesia),dan lain-lain.

Dalam perkembangannya, jumlah santri MDT Al-ikhlas selalu mengalami pasang surut. Pada tiap semester ada saja santri yang mengundurkan diri dengan berbagai alasan. Karena sekolah (adanya les / pemadatan pelajaran khususnya bagi mereka yang kelas 6 SD / 9 SMP), terlalu letih, dan lain sebagainya. Sebenarnya hal ini tak perlu terjadi, seandainya ada kerjasama dan dukungan dari orang tua terhadap anak - anak mereka dengan menekankan pentingnya pendidikan agama bagi kehidupan mereka kelak.

Diakui atau tidak, perkembangan zaman yang terjadi sekarang ini telah membuat anak-anak pada masa kini telah semakin meninggalkan pendidikan agama dalam kehidupan sehari - harinya. Sehingga tak jarang kita temukan, banyak anak-anak usia sekolah yang lebih senang berada di rental playsatation, berkata kasar dalam pergaulannya, tawuran dan lain sebagainya.

Namun ditengah berbagai kesulitan yang kami temukan, kami tak pernah berhenti berharap bahwa keberadaan MDT al-Ikhlas mampu memberikan warna tersendiri dalam kehidupan masyarakat, dimulai dari yang terkecil, memberikan pendidikan akhlak kepada para santri, dan melatih jiwa kepemimpinan mereka.

Demikianlah sekilas tentang MDT al-ikhlas, semoga dari tulisan yang sangat singkat ini semakin membuka wawasan kita akan pentingnya pendidikan agama bagi putri/putri kita. (Guz)

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "SELAYANG PANDANG MDT AL-IKHLAS"

Poskan Komentar